1.200 PETI Diturunkan, Ratusan Lubang, Tenda dan Bak Rendaman Dibongkar Aparat Gabungan

Share

AMBONKITA.COM,- Aparat gabungan dari Polres Pulau Buru, Brimob, Kodim 1506, dan Satpol Pp, kembali menggelar operasi penertiban terhadap Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) di kawasan tambang Gunung Botak, Kabupaten Buru, Selasa (1/11/2022).

Dalam operasi yang diberi sandi PETI Salawaku 2022 ini, aparat gabungan kembali membongkar ratusan lubang galian, tenda, dan bak rendaman ilegal milik para PETI. Bahkan sekitar 1.200 orang PETI diturunkan dari lokasi ilegal tersebut.

Lokasi PETI di kawasan Gunung Botak yang menjadi sasaran pembersihan aparat gabungan tersebar di kecamatan Waelata dan Kaiely, Kabupaten Buru.

Operasi PETI Salawaku 2022 yang dipimpin Kabag Ops Polres Pulau Buru, AKP Uspril W. Futwembun, ini menyasar sejumlah lokasi di kecamatan Waelata dan Kaiely, Buru.

Kasi Sub Penmas Humas Polres Pulau Buru, Aipda M.Y.S Djamaludin, mengaku, operasi penertiban melibatkan sebanyak 250 personil gabungan. Terdiri dari Polres Pulau Buru, Brimob Kompi A Pelopor, Kodim 1506/Namlea dan Satpol Pp.

“Dalam operasi yang digelar tersebut personil lebih mengutamakan pada pendekatan secara humanis,” ungkap Djamaludin kepada AmbonKita.com melalui telepon genggamnya.

BACA JUGA: Satu Penambang Emas Ilegal Gunung Botak Ditemukan Tewas Tertimbun Longsor dalam Lubang Galian

Saat operasi digelar, Djamaludin mengaku aparat gabungan masih menemukan sejumlah PETI di kawasan tambang emas ilegal tersebut.

“Para PETI kemudian dihimbau untuk tidak melakukan aktifitas dan diminta untuk segera meninggalkan lokasi tambang emas ilegal di Gunung Botak,” kata dia.

Operasi penertiban PETI di Gunung Botak, Selasa (1/11/2022). Aparat tampak membakar tenda milik PETI. (Foto: Humas Polres Pulau Buru)

Djamaludin mengaku saat dilakukan penertiban, tidak ada perlawanan dari para PETI. Para PETI diminta turun secara baik-baik dari lokasi tersebut. Mereka juga diingatkan untuk tidak kembali lagi.

“Sesuai arahan dari bapak Kapolres untuk penertiban difokuskan di areal tambang emas dan area sungai Anahoni, termasuk menyasar tempat-tempat pengolahan emas,” jelasnya.

Menurut Djamaludin, dalam operasi yang digelar tersebut, pihaknya membongkar dan membakar sekitar 100 lubang galian, 250 tenda, dan 20 bak rendaman di lima lokasi. Yaitu di Gunung Kapur, Tanah Merah, Pagar Seng, Lubang Janda, dan Gunung Batu.

“Kami juga menurunkan sekitar kurang lebih 1.200 PETI dari lokasi tambang emas ilegal tersebut,” ungkapnya.

Djamaludin menjelaskan, operasi penertiban terhadap para PETI dilakukan untuk menghentikan adanya aktifitas ilegal tersebut. Sebab, aktivitas tersebut telah menarik masyarakat dari luar kabupaten Buru.
“Penertiban juga kami lakukan untuk meminimalisir potensi konflik dan potensi terjadinya gangguan Kamtibmas di lokasi pertambangan,” sebutnya.

Tak hanya itu, Djamaludin mengaku tujuan dilaksanakan operasi penertiban PETI di kawasan Gunung Botak untuk mengantisipasi penggunaan bahan kimia berbahaya, dan mencegah berkembangnya penyakit masyarakat.

“Alhamdulillah pelaksanaan penertiban PETI Salawaku 2022 hari ini berjalan aman dan lancar,” pungkasnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024

DPRD Maluku Temui Kepala BNN RI Bahas Masalah Narkotika

AMBONKITA.COM,- Anggota DPRD Provinsi Maluku yang dipimpin langsung oleh Ketua Benhur G. Watubun, menemui Kepala…

04/30/2024

Daftar di PDIP Ambon, Agus Ririmasse: Kiranya Saya Bisa Dapat Rekomendasi

AMBONKITA.COM,- Agus Ririmasse, bakal calon Wali Kota Ambon, resmi mendaftar di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan…

04/30/2024