500 Sajian Makanan dari Sagu Kembali Pecahkan Rekor MURI di Maluku

Share

AMBONKITA.COM,- Tiga kali sudah di Tahun 2022, Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) mencatatkan pemecahan rekor dunia di provinsi Maluku.

Sebelumnya, rekor MURI dipecahkan Kodam XVI/Pattimura dengan “makan papeda terbanyak”. Kemudian Polda Maluku “minum jus pala terbanyak”.

Hari ini, Sabtu (20/8/2022), Pemerintah Provinsi Maluku juga berhasil memecahkan rekor MURI dengan “sajian makanan olahan dari bahan sagu terbanyak”.

Rekor MURI sukses disabet setelah Pemprov melalui Dinas Ketahanan Pangan, menggandeng TP-PKK Maluku menyajikan 500 jenis makanan olahan bahan dari sagu.

Pemecahan Rekor MURI yang dirangkai dengan pagelaran pangan lokal dan pameran UMKM tersebut dilaksanakan di Lapangan Merdeka, kota Ambon, Sabtu (20/8/2022).

Kegiatan yang meramaikan peringatan HUT Provinsi Maluku ke 77 itu bertujuan menjadikan sagu sebagai bahan pangan alternatif. Sagu menyediakan sumber karbohidrat dalam pemenuhan gizi dan turunan olahannya bisa menjadi sumber pendapatan masyarakat.

Gubernur Maluku, Murad Ismail, mengatakan, pertambahan penduduk di Maluku setiap tahun rata-rata sekitar 2% membutuhkan pangan yang cukup bergizi, dan beragam.

“Sehingga kita dituntut untuk menyediakan pangan dengan kalori dan protein dalam jumlah yang cukup besar dimana tantangan utamanya adalah seberapa mampu kita menyediakannya dari sumber daya sendiri,” kata Murad saat memberikan sambutan.

BACA JUGA: Lagi, Rekor Muri 500 Sajian Makanan Olahan dari Sagu akan Dipecahkan di Maluku

Penyediaan sumber daya sendiri, kata Murad, sesungguhnya menjadi ujian dari kemandirian pangan yang ingin dicapai. Sehingga keragaman pangan lokal memiliki peranan yang sangat penting dalam upaya meningkatkan perbaikan gizi, dan untuk mendapatkan manusia berkualitas.

Murad mengaku konsumsi pangan masyarakat hingga saat ini masih terfokus pada beras. Padahal, ketersediaan pangan sumber karbohidrat tidak hanya berasal dari beras, namun juga sagu dan umbi-umbian lainnya.

Page: 1 2

Recent Posts

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024

Kapolda Ingatkan Personel Tingkatkan Soliditas Internal dan Sinergisitas Instansi Terkait

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kembali mengingatkan personel untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat,…

05/06/2024

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024