Categories: AmbonkuHukum Kriminal

Itwasda Maluku Audit Polres Pulau Buru

Share

AMBONKITA.COM,- Inspektorat Pengawasan Daerah (Itwasda) Maluku menggelar taklimat awal audit kinerja pada aspek pelaksanaan dan pengendalian di Polres Pulau Buru, Senin (7/11/2022).

Kegiatan di Aula Endra Dharmalaksana, Markas Polres Pulau Buru di Namlea, Kabupaten Buru, ini dihadiri tim audit dari Itwasda Polda Maluku yang dipimpin Kombes Pol Driyano A. Ibrahim, dan Kapolres Pulau Buru AKBP Egia F. Kusumawiatmaja.

“Bahwa audit di dalam organisasi ini merupakan 1 titik tolak kegiatan kerja kepolisian untuk menjadi lebih baik lagi,” kata Kapolres Pulau Buru Egia Kusumawiatmaja dalam sambutannya.

Egia mengaku turut hadir dalam kegiatan audit yakni para kabag, kasat, kasie, kapolsek serta perwakilan para kanit di Polres Pulau Buru dan jajaran.

“Kami berharap dalam pelaksanaan audit nanti, kami mendapatkan arahan serta bimbingan,” harapnya.

Di tempat yang sama, Irwasda Maluku dalam sambutannya yang dibacakan Auditor Kepolisian Madya Tingkat III Itwasda Maluku, Kombes Pol Driyano Andri Ibrahim, mengatakan, audit kinerja merupakan salah satu funsi manajemen kepolisian.

BACA JUGA: 1.200 PETI Diturunkan, Ratusan Lubang, Tenda dan Bak Rendaman Dibongkar Aparat Gabungan

Audit kinerja menurutnya harus dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana penyelenggaraan program dan pengelolaan anggaran secara efektif dan bisa dipertanggungjawabkan.

Selain itu, juga dilakukan audit terkait pengamanan aset negara serta ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan pemerintah yang baik. Juga mengenai tatakelola kepemerintahan yang bersih, efisien dan laporan dalam mewujudkan tatakelola payung yang digunakan sebagai dasar pelaksanaan audit kinerja di satker lingkungan polri.

“Ini sesuai peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2008 tentang sistem pengendalian interen pemerintahan, permenpan RB nomor 05 tahun 2008 tanggal 31 Maret 2008 tentang standar audit APIP dan peraturan Kapolri nomor 1 tahun 2021 tetang audit kinerja dan audit dengan tujuan tertentu di lingkungan polri,” jelasnya.

Ia mengatakan, sasaran audit kinerja Itwasda Polda Maluku Tahal ll tahun 2022 ini pada aspek pelaksanaan dan pengendalian. Seperti pelaksanaan tugas pokok dan fungsi satuan kerja khususnya dalam menjabarkan kebijakan pimpinan polri; pelaksanaan program kegiatan yang dicapai dan realisasi penggunaan anggaran satuan kerja tahun 2022 serta perwabku dan dokumen pengadaan barang dan jasa pemerintah; pemeliharaan kemampuan penggunaan kekuatan satuan kerja; evaluasi tindak lanjut hasil audit kinerja itwasda Polda Maluku tahap l tahun 2022 dan audit kinerja Itwasum Polri tahap ll tahun 2022; pelaksanaan pertanggung jawaban keuangan dalam pengadaan barang/jasa tahun 2022; temuan berulang dari hasil audit internal Itwasum polri; hasil pengendalian terhadap pelaksanaan kegiatan dan anggaran yang bersumber dari DIPA dan non DIPA.; dan pelaksanaan evaluasi produk LKIP tahun 2022.

“Harapan saya adanya kerjasama dan keterbukaan untuk terwujudnya asas kemitraan antara tim audit dan audit, sehingga kehadiran tim audit dapat memberikan kontribusi yang signifikan demi untuk perbaikan pelaksanaan program kegiatan serta pengelolaan keuangan negara di Polres Buru,” pintanya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024