Categories: AmbonkuHeadline

Pemkot Ambon Santuni Dua Korban Tertimpa Pohon Tumbang

Share

AMBONKITA.COM,– Tak butuh waktu lama, Evan Tjan, dan Alwin Latua, dua korban tertimpa pohon tumbang di ruas jalan Jenderal Sudirman, turunan Galunggung, Desa Batu Merah, langsung disantuni Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Rabu (23/3/2022).

Santunan diserahkan langsung oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse yang datang menemui korban. Ia didampingi Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Edwin Pattikawa, serta Kadis Lingkungan Hidup dan Persampahan, Alfredo Hehamahua.

Untuk diketahui, musibah tersebut menyebabkan Evan Tjan mengalami patah tulang tangan. Kepalanya juga sakit terbentur batang pohon. Ia menjalani operasi di Rumah Sakit Siloam. Sementara Alwin Latua, yang sudah diperbolehkan pulang, mengalami cedera pada tulang belakang. Ia sempat dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara.

“Bapak Wali Kota dan Wakil wali kota menyampaikan kepada saya untuk bersama-sama dengan Kadis Damkar dan Kadis DLHP untuk turun ke lokasi ketemu dengan keluarga melihat kondisi warga kita ini. Di situ kami memberikan bantuan sebesar Rp 5 juta kepada masing-masing keluarga untuk dilakukan penanganan medis kepada kedua korban,” kata Agus di sela–sela kunjungannya.

Agus mengaku kejadian itu merupakan musibah yang tidak dapat diprediksi. Sehingga tidak perlu untuk saling menyalahkan.

“Ini adalah musibah dan kita tidak boleh saling menyalahkan. Pemerintah bukan antikritik, tapi ada pihak–pihak yang suka menyalahkan pemerintah ketika musibah terjadi, padahal musibah itu bisa terjadi kapan saja tanpa kita ketahui,” jelasnya.

Ia mengaku, sebagai langkah antisipasi, Dinas Damkar Kota Ambon sebenarnya rutin melakukan pemangkasan pohon–pohon di tepi jalan yang dinilai rawan tumbang. Namun ada pohon yang memang belum dipangkas dengan alasan menjaga keasrian dan keindahan kota.

“Pohon-pohon yang sudah berumur tua yang bisa berdampak mencelakakan warga, kita pangkas, tapi untuk kota tetap hijau kita biarkan, karena untuk keindahan kota juga agar tidak gersang. Jadi sebenarnya peristiwa ini adalah musibah yang tidak kita inginkan terjadi,” pungkasnya.

Baca juga: Pohon Tumbang Timpa Pengendara Motor di Ambon

Editor: Husen Toisuta

Recent Posts

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024

Kapolda Ingatkan Personel Tingkatkan Soliditas Internal dan Sinergisitas Instansi Terkait

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kembali mengingatkan personel untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat,…

05/06/2024

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024