Sasi Adat Kantor Bupati dan Pengadilan Dibuka, DPRD Aru Tunggu Semua Anggota

Share

 

AMBONKITA.COM,- Masyarakat adat Marafenfen di Kabupaten Kepulauan Aru, akhirnya membuka sasi yang dilakukan di Kantor Pengadilan Negeri (PN) Dobo, dan Pemerintahan (Bupati) setempat, Senin (22/11/2021). Kini, tinggal kantor DPRD yang belum dibuka.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol M. Rum Ohoirat, mengaku, masyarakat setempat baru akan membuka sasi adat di kantor DPRD Kepulauan Aru apabila semua anggotanya hadir.

“Kantor Pengadilan dan kantor Bupati Aru sudah dibuka oleh masyarakat. Tinggal kantor DPRD. Warga akan membukanya apabila seluruh anggota hadir,” kata Rum saat dikonfirmasi wartawan di Ambon, Senin (22/11/2021).

Juru bicara Polda Maluku ini mengaku situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di sana, sudah sangat kondusif.

“Untuk kondisi kamtibmas di sana kondusif,” tambah mantan Kapolres Kepulauan Aru itu.

Menyoal terkait proses hukum terhadap pelaku pengrusakan kantor PN Dobo,  Rum mengaku pihaknya tidak melakukan penyelidikan.

“Dari PN Dobo tidak mau dilakukan proses hukum,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pasca ditolaknya gugatan masyarakat adat atas lahan seluas 689 hektar melawan TNI AL, ribuan warga langsung menyerang kantor PN Dobo, Rabu (17/11/2021).

Hujan batu tidak bisa dibendung hingga pintu dan jendela kantor PN Dobo mengalami kerusakan.

Tak puas, warga juga melakukan sasi adat terhadap Kantor PN, Kantor DPRD, Kantor Bupati, Bandara dan Pelabuhan Kabupaten Kepulauan Aru.

Esok harinya, sasi adat yang dilakukan pada Bandara Rar Gwamar dan Pelabuhan Yos Sudarso dibuka pada Kamis (18/11/2021).

 

Penulis: Husen Toisuta

Recent Posts

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024

Kapolda Ingatkan Personel Tingkatkan Soliditas Internal dan Sinergisitas Instansi Terkait

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kembali mengingatkan personel untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat,…

05/06/2024

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024