Categories: DaerahkuMaluku

Ketua PKK Maluku Apresiasi Pelatihan Diversifikasi Olahan Hasil Perikanan di Seram Timur

Share

AMBONKITA.COM,- Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail, memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Pelatihan Diversifikasi Olahan Hasil Perikanan di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Apresiasi disampaikan oleh istri Gubernur Maluku itu saat membuka kegiatan tersebut yang berlangsung di ruang Serba Guna Mutiara Hotel, Kota Bula, SBT, Kamis (15/06/2022).

Kegiatan pelatihan yang diikuti oleh sebanyak 30 peserta yang didominasi ibu-ibu ini diselenggarakan oleh Bidang PBP2HP Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Maluku.

Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap dalam melakukan diversifikasi produk hasil perikanan dalam membangun ekonomi keluarga.

Widya Pratiwi dalam sambutannya mengungkapkan, Maluku merupakan provinsi kepulauan dengan luas wilayah 712.479,65 km2. Terdiri dari luas lautan 658.294,69 km2 (92,4%) dan daratan 54.185 km2 (7,60%). Potensi sumber daya ikan sebesar 4,6 juta ton per tahun atau 36,7% dari potensi nasional pada ketiga Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) yaitu WPP 714 (Laut Banda), WPP 715 (Laut Seram, Teluk Tomini), dan WPP 718 (Laut Arafura).

Selain itu, Provinsi Maluku juga memiliki potensi lahan untuk pengembangan budidaya perikanan di laut seluas 183.000 Ha. Besarnya potensi yang dimiliki tersebut, tidak akan mencapai maksimal jika tidak diimbangi dengan pelatihan dan pendampingan mengenai teknik pengolahan produk perikanan. Sebab, dengan teknik pengolahan yang baik dan benar akan berpengaruh terhadap respon pasar.

BACA JUGA: Bunda Genre Seram Bagian Timur Dikukuhkan

Begitu pun pengembangan hasil olahan perikanan, lanjut Widya, tidak hanya memperhatikan rasa atau minat dari konsumen, tetapi juga mutu dan gizi yang terkandung didalamnya. Tak jarang bahwa produk yang dideversifikasikan memiliki value added atau nilai tambah pada produk olahannya. Sehingga dalam melakukan inovasi pengolahan hasil perikanan, para pelaku usaha dituntut agar memperhatikan kualitas produk yang dihasilkan agar diterima dan dipasarkan secara luas.

Page: 1 2

Recent Posts

Ini Kronologis Kecelakaan di Asilulu, Satu Meninggal, 10 Terluka, Kapolsek: Mobil Tak Mampu Menanjak

AMBONKITA.COM,- Terungkap penyebab terjadinya kecelakaan tunggal yang menewaskan satu orang penumpang di desa Asilulu, Kecamatan…

04/28/2024

Mobil Penumpang Terbalik di Asilulu, Satu Meninggal

AMBONKITA.COM,- Sebuah mobil penumpang berwarna oranye terbalik di tanjakan jalan desa Asilulu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten…

04/27/2024

Mantan Wali Kota Tual Jadi Tersangka, Begini Penjelasan Direktur Krimsus

AMBONKITA.COM,- Penyidik Ditreskrimsus Polda Maluku menetapkan Adam Rahayaan, mantan Wali Kota Tual, sebagai tersangka kasus…

04/26/2024

Sadali Ie Kini Penjabat Gubernur Maluku

AMBONKITA.COM,- Sadali Ie, Sekda Provinsi Maluku resmi dilantik sebagai Penjabat Gubernur Maluku. Ia dilantik Menteri…

04/26/2024

Kapolda Sidak Proses Rekrutmen Polri di SPN Passo

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, melakukan sidak proses rekrutmen Polri di SPN Polda…

04/26/2024

Mahasiswa di Ambon Ditemukan Tewas Gantung Diri

AMBONKITA.COM,- Marcelino Lattu, mahasiswa salah satu perguruan tinggi di kota Ambon, ditemukan tewas gantung diri…

04/26/2024